Maniak Satelit

Panduan Cara Tracking Satelit Secara Cepat Dan Tepat

Tuesday, May 16, 2017

Cara Memperbaiki Intensitas dan Kualitas Sinyal Parabola

Hari ini lagi dan lagi admin dapat job dari chat mesengger facebook,Kata usernya paraboalnya gak ada siaran alias no signal,gak ada satu chanel pun yang ada sinyalnya..Terus katanya reciver nya sudah di test di rumah tetangganya dan hasilnya reciver masih bisa menerima siaran atau sinyal.

Oh ya kata usernya ini parabola menggunakan dua reciver ( nebeng sama parabola tetangga sebelah rumahnya )...dan reciver yang satunya punya tetangga masih oke-oke aja dalam penerimaan siaran dan chanel...

Setelah sedikit chit-chat dengan user tersebut dan dalam pikiran saya sudah dapat sedikit mendiagnosa di mana letak masalahnya...Tanpa basa-basi langsung aja saya bikin janji untuk coba memperbaikinya (rezeki gak boleh di tolak bro)...Saya berjanji nanti malam aja saya ke lokasi( karna siangnya saya lagi nguli di tempat lain..ha..ha..)

Sekitar pukul 19.30 saya tiba di lokasi user tersebut dan dengan sudah mengetahui keluhan dari masalah recivernya yang gak ada siarannya,...berati kemungkinannya masalahnya adalah :

  1. Diseq atau swichnya rusak
  2. Rangkaian kabel dari lnb ke reciver rusak
  3. LNB Out put untuk reciver ke rumah user tersebut juga rusak..
Berikut cara admin untuk mengecek ke tiga masalah tersebut :
  • Cek dulu intensitas sinyalnya apakah nilainya normal,dengan melihat nilai intensitas sinyal kita sudah bisa tahu dan menyimpulakan bahwa rangkaian dari LNB→DISEq / SWTICH→KABEL KE RECIVER ada masalah atau baik-baik saja.
  • Untuk pengecekan intesitas sinyal bisa lewat reciver,tapi di sini admin pakai Sat Finder untuk pengecekan biar lebih memudahkan dalam proses tracking satelit
  • Setelah saya cek langsung ternyata intensitas sinyal tidak normal alias tidak ada tegangan yang masuk ke reciver.

  • Setelah di cek nilai nya bermasalah, baru di cek satu persatu (diseq,rangkaian kebel dan lnb nya ),untuk mengetahui sumber masalahnya..
  • Cek out put LNB nya,dengan cara menghubungkan kabel langsung ke LNB tanpa melalui diseq/switch (Usahakan dengan kabel yang lain,jangan pakai kabel dari rangkaian tersebut karena ada kemunkinan kabelnya juga ada masalah) dan kita lihat hasil nilai intensitasnya.
  • Hasilnya bagus
  • Cek Diseq atau switcnya dengan cara Hubungkan Out put LNB  Ke Input Diseq,..Dan lihat hasil nilai intensitasnya,..setelah di cek ternyata rangkaian LNB ke Diseq Hasilnya bagus,.
  • Hasilnya bagus
Dari hasil pengecekan di atas kita sudah mengetahui 99% bahwa Kabel  Out put dari Diseq/Switchnya ke Reciver yang bermasalah dan kemunkinannya adalah Ada jalur kabel yang putus di dalam atau Konektornya bermasalah...
  • Setelah di cek ternyata masalahnya ada di konektor  kabel, tinggal admin ganti dengan konektor baru dan jrengggggg nilai intensitasnya kembali normal berarti teganggan out put lnb sudah oke...
  • Selanjutnya tinggal kembalikan dish parabola ke posisi awal dan sekalian di setting lagi pointing parabolanya biar tambah kuat kualitas sinyalnya.
Hasil jepretan tracking waktu itu..maaf foto seadanya..gkgkgkgk

Happy ending alhamdulillah..he..he..

Begitulah kira-kira cara memperbaiki intensitas dan kualitas sinyal parabola ala Maniak Satelit...semoga bermanfaat.

Data tracking : 16/05/2017 pkl 19.30 wib lokasi Desa lalang.




3 comments:

  1. mas yg mau sya tanyakan itu alat sat finder harganya berpa ya?? dan mudahkah mencarinya? mkasih atas jwbnx

    ReplyDelete
  2. Pakai alat ini,kelihatan lebih profesional gan..praktis di bawa,ukurannya pas di tangan,mau naik genteng atau atap no problem...pokoknya asik pakai ini..trs ada sinyal buzzernya,jd dia akan mengeluarkan sinyal jka sdh lock..beli di sini gan https://m.tokopedia.com/maniaksatelit/satelite-finder-skybox-sf-500-satfinder-asuransi-bubble-wrap?trkid=f%3DCa0000L000P0W0S0Sh00Co0Po0Fr0Cb0_src%3Dshop-product_page%3D1_ob%3D11_q%3D_catid%3D569_po%3D2?src=shop

    ReplyDelete
  3. apa nma alat cek nya utk lihat intensitas yg dlm gambar diatas gan. tmksh n slm kenal.

    ReplyDelete