Maniak Satelit

Panduan Cara Tracking Satelit Secara Cepat Dan Tepat

Wednesday, July 12, 2017

Pengaturan Diseqc Parabola

Salam maniak Satelit-Hari ini Admin akan membahas Cara Pengaturan Diseqc Parabola yang benar,seperti biasa panduan selalu di tulis dengan bahasa-bahasa sederhana supaya bisa mudah di pahami dan di mengerti untuk para pemula.

Panduan ini di bikin karena masih banyak orang yang awam dengan dunia parabola,contoh nya di tempat saya masih di bilang sangat awam masyarakatnya yang berhubungan dengan dunia parabola.Sampai-sampai untuk melakukan yang sederhana seperti scan automatis pada reciver saja mayoritas tidak bisa,mereka sangat takut sekali mengotak-atik remote untuk pengaturan program di reciver.

Tapi tidak apa-apa kalau mereka kurang paham dengan dunia parabola,kalau meraka paham semua bisa-bisa WARNING DANGER!!! yang ada dapur saya tidak mengeluarkan asap..ha..ha..ha..gkgkgk

Postingan ini di buat cuma untuk pembaca blog ini yang mau belajar sedikit tentang dunia parabola,khususnya cara pengaturan Diseqc Parabola yang benar ala maniaksatelit.com


APA ITU Diseqc Parabola?

DiSEqC (Digital Satellite Equipment Control), diucapkan "Die-Sec", Adalah protokol komunikasi khusus untuk di gunakan untuk menghubungakan  antara receiver dan LNB satelit (multi LNB). Perangkat ini seperti sakelar multi yang akan berfungsi setelah mendapat perintah dari pengaturan dan tegangan daya dari reciver.

KENALI BEBERAPA TYPE Diseqc  :

Diseq 2x1 pada umumnya di gunakan untuk parabola dengan 2lnb


Diseqc 4x1 pada umumnya di gunakan untuk parabola dengan 4 lnb



Diseqc SWICH 0/22 KHz  pada umumnya di gunakan untuk parabola dengan 2lnb






Contoh pemasangan Diseqc 4x1 untuk 4 Lnb

Pengaturan di Reciver

Note : Pemasangan nomor port diseqc untuk lnb tidak harus berdasarkan gambar di atas,pemasangan bisa di acak atau bebas,yang penting kita tahu / ingat urutan pemasangannya dan pada pengaturan di reciver harus di samakan / di sesuaikan →→ Contoh admin pasang diseqc dengan urutan Port 1 ( Lnb telkom ) Port 2 ( Lnb Asiasat 7 ) Port 3 ( lnb Palapa) port 4 ( LNB Asiasat 5) →→ Pengaturan Diseqc di Reciver harus mengikuti / di samakan.

Untuk pemasangan Diseqc 2x1 sama saja dengan Diseq 4x1,yang membedakan cuma jumlah berapa LNB (satelite)  yang bisa di cover oleh masig-masing Diseqc :

⇢Diseqc 2x1 cuma bisa untuk mengcover 2 LNB (2 SATELITE)
⇢Diseqc 4x1 bisa untuk mengcover 2 LNB dan 4 LNB (4 SATELITE)

Contoh pemasangan Diseqc SWITCH 0/22 KHz


Pengaturan di Reciver

Di atas adalah contoh beberapa macam jenis Diseqc atau Switch yang biasa dan umum di gunakan untuk intstalasi parabola rumahan.

Dengan mengetahui jenis Diseqc dan cara pakainya,di harapkan kita bisa memperbaiki/menganti sendiri jika suatu saat sinyal parabola hilang atau error akibat Diseqc rusak, karena alat ini suatu saat pasti akan mengalami kerusakan.
Menurut pengalaman admin di lapangan, Diseqc atau Switch ini yang kebanyakan ditemukan bermasalah saat memperbaiki parabola.





No comments:

Post a Comment