Salam Maniak Satelit-Kali ini admin mau berbagi informasi Sebentar lagi masa pakai Satelit Palapa D akan mencapai masa pakai umur alias  pensiun dan menjadi sampah di luar angkasa.

"Masa operasi Palapa D akan berakhir pada pertengahan tahun 2020 ini".
"Satelit Nusantara Dua yang telah di luncurkan,yang di rancanakan sebagai pengganti dari satelit Palapa D malah gagal mengorbit yang saat peluncuran terjadi anomali.

Nusantara Dua diluncurkan Xichang Satellite Launch Center (XLSC), Xichang, China. Tidak ada kendala pada proses peluncuran, tiba-tiba saat berada di angkasa ada puing-puing yang bertebaran, ketika memasuki stage tiga dan jatuh ke laut."

Dari informasi di atas berarti sebentar lagi siaran-siaran yang on air di transponder satelit Palapa D akan mengalami gangguan lost signal yang di karenakan Satelitnya sudah mati/pensiun.

Kasus ini sama dengan satelit telkom 1 dulu yang sudah sampai masa umur pakaianya,dan siaran-siaran yang on air di satelit telkom seperti Trans7,Trans TV,ANTV harus migrasi sementara ke satelit telkom 3S dan saat ini tempat orbit bekas telkom1 sudah di isi lagi dengan satelit telkom4 dan siaran Trans7,Trans TV,ANTV auto balik lagi ke tempat asalnya.


Kemungkinan besar untuk sementara waktu siaran lokal penghuni Palapa D seperti INDOSIAR,SCTV,NET TV,RTV,TV ONE,METRO TV KOMPAS TV DLL akan migrasi menampati satelit Telkom4,hal ini bisa kita lihat dengan adanya data transponder baru di Satelit Telkom4,silakan cek di lyngsat.com

Data Transponder baru di satelit Telkom4 yang di isi oleh siaran Palapa d : 3720 H 32727 dan 4020 V 32727
Untuk mendapatkan siaran-siaran tersebut,bagi yang parabolanya sudah lock satelit telkom4 coba tes lakukan Scan Automatis/Pencarian Automatis dengan mode Blind Scan/Pencarian Buta di recivernya masing-masing atau bisa lakukan scan manual dengan memasukan data transponder tersebut.


Silakan share jika bermanfaat


Oleh Maniak Satelit

10:16 PM

Artikel Terkait

> <

Jadilah orang pertama yang berkomentar!